Jumat, Mei 30, 2008

Pengantar Tekhnologi Informasi

Jaringan Internet

Virtual Private Network

Jaringan Internet Terbatas untuk keamanan



JAKARTA-Berkomunikasi melalui Internet dan ponsel sudah bukan hal baru. Sejauh mana privasi kita terjaga? Mari berkenalan dengan Virtual Private Network (VPN).

Dunia semakin sempit, itulah yang kita rasa saat ini. Terlebih kehadiran Internet dan Telephone Seluler (Ponsel) yang memungkinkan semua aktifitas dilakukan dari jarak jauh. Mulai dari komunikasi ddengan keluarga, kekasih, rekan kerja sampai transaksi bisnis dapat selesai tanpa harus bertatap muka langsung. Jaringan Seluler dan jalur Internet Protocol (IP) bukan lagi teknologi asing bagi kita.

Yang menjadi pertanyaan, apakah semua jalur komunikasi itu cukup aman dari penyadapan dan penelusupan? Internet dan telepon memeng jaringan yang dapat diakses public. Sesungguhnya ada jaringan khusus yang dibuat tertutup namun tetap memungkinkan diakses oleh sejumlah orang yang berkepentingan. Inilah yang disebut Virtual Private Network (VPN).



Otentifikasi

“Jaringan ini tidak dapat diakses oleh sembarang orang yang tidak memiliki otentifikasi. Berbeda dengan Internet, VPN memiliki jalur tersendiri,” Ungkap Yoyo W. Basuki, Direktur Utama PT. Aplikanusa Lintasarta kepada pers di Jakarta, selasa (28/2). Lintasarta adalah penyedia layanan VPN EZY yang memungkinkan pelanggan mengakses jaringan private melalui jaringan public Internet. Bentuk media aksesnya dapat berupa sambungan telepon fixed line seperti dial up dari Publik Switch Telephone network (PSTN), maupun nirkabel seperti CDMA, WIFI atau GPRS.

VPN sangat tersa manfaatnya bagi perusahaan yang mengandalkan kinerja karyawan di luar kantor. Perusahaan pemasaran alias Marketing, media masa, logistic, transportasi sampai perbankan banyak yang mulai memanfaatkan teknologi VPN. Bukan hanya sekedar laporan hasil kerja karyawan, namun segala manajemen keungan, komunikasi dengan pelanggan bahkan transaksi bisnis dapat dilakukan melalui VPN.

Menurut Yoyo, sepanjang otoritasnya diatur oleh pengelola divisi Teknologi Informasi (TI) yang bersangkutan, aplikasi tersebut dapat diakses dari luar kantor: Email, misalnya, dapat diakses melalui Webmail dengan privasi yang tetap aman. Aplikasi VPN dapat dijalankan oleh beberapa perusahaan atau organisasi sekaligus.



Jalur Khusus

Ada dua bagian utama dalam sebuah jalur VPN. Pertama adalah jaringan bagian dalam yang terlindungi oleh sejumlah sistem keamanan fisik. Bagian kedua adalah jaringan luar yang nyaris sama persis dengan Internet biasa. Bedanya ada sebuah Firewall yang diletakkan diantara pusat pengendali User atau klien dengah host jaringan atau server. Semua komunikasi dilakukan dibalik system Firewall. Hanya klien yang melakukan otentifikasi yang dapat mengakses data dan Informasi sesuai dengan kewenangannya.

Kebanyakan program klien VPN dapat dikonfigurasikan sedemikian rupa sehimgga semua lalu lintas IP harus melalui saluran khusus ketika VPN diaktifkan. Ini adalah langkah pengamanan.

Artinya, ketika VPN mulai aktif maka semua akses diluar jaringan keamanan karyawan harus melalui Firewall yang sama. Ini mengurangi risiko terjadinya penelusupan akses komputer jinjing karyawan ke computer meja maupun jaringan lainnya.

Bagi perusahaan yang sangat urgen dengan komunikasi data, VPN lumayan dapat diandalkan dari sisi keamanan. Sebab kian hari yang namanya virus, worm, spyware dan beragam jenis program penelusup lain kian marak saja mengganggu jalur komunikasi. Oleh Merry Magdalena


Sumber : Sinar Harapan
Perkembangan Prosesor
Intel Luncurkan Prosesor Hemat Energi

Intel akan segera memamerkan prosesor mobile terbarunya yang bernama kode Yonah. Prosesor dual core ini dilengkapi teknologi yang memungkinkan salah satu core dibiarkan ‘tertidur’ sementara yang lain beroperasi.

Teknologi itu sendiri diberi nama Dynamic Power Coordination (DPC) dan merupakan teknologi yang berfungsi untuk menghemat energi dalam chip dual core. Jika beban kerja tergolong ringan, DPC akan memperlambat operasi salah satu core sehingga tiap core akan memiliki konsumsi daya yang berbeda. Dengan cara ini daya tahan batere diharapkan akan lebih lama.


DPC akan diintegrasikan ke dalam Yonah, prosesor dual core terbaru dari Intel yang bakal dipasarkan di akhir 2005 atau awal 2006. Sebelum diluncurkan, DPC akan dipamerkan dalam Intel Developer Forum yang akan berlangsung di Jepang, 7 dan 8 April 2005.


Selama ini penghematan energi menjadi salah satu pertimbangan utama dalam mendesain chip dan komputer. Chip dual core yang memiliki core pemrosesan ganda, sebenarnya mengkonsumsi energi lebih rendah dari chip desktop dan notebook yang ada sekarang karena berjalan dengan kecepatan yang lebih rendah.


Notebook telah menjadi pasar menguntungkan bagi Intel dalam dua tahun belakangan. Penjualan notebook tumbuh lebih cepat dari desktop, sehingga chip prosesor untuk notebook terjual lebih banyak. Sementara perkembangan gaya hidup mobile membuat Intel menjadi pemain utama dalam pasar chip Wi-Fi yang diusung dalam paket chip Centrino. (*/infokomputer.com)

MONITOR


Monitor merupakan peralatan output yang berfungsi menampilkan hasil
proses yang dilakukan komputer, yaitu berupa gambar atau teks dengan
pola warna-warna yang di tampilkan pada suatu layar.
Terdapat dua jenis komputer:
Jenis CRT (chatode ray tube)
Merupakan jenis yang paling dikenal. Bentuknya klasik dan tebal karena
menggunakan tabung seperti pesawat TV biasa.
Monitor jenis LCD (liquid crystal display)
Monitor jenis ini bentuknya tipis dan tidak menggunakan tabung
sehingga menghemat tempat.


A.Klasifikasi monitor
Teknologi monitor berkembang sangat cepat, mulai dari warna layarnya
sampai bentuk dan ukurannya.
Berdasarkan bentuk tampilannya, monitor dibedakan menjadi 2 jenis.
Alphanumeric display, untuk menampilkan teks (huruf, angka dan
karakter khusus).
Graphic display, untuk menampilkan grafik atau gsmbar.
Berdasarkan warnanya, monitor dibedakan sebagai berikut.
Monochrome display, menggunakan warna tunggal, seoerti warna hijau
atau orange.
Color display, menggunakan sinar elektron yang terpisah dengan
kombinasi warna, seperti warna merah, hijau dan biru.


B.Monitor Cathode Ray Tube (CRT)
Monitor dengan tabung kaca yang menggunakan CRT (cathode ray tube)
mengalami perkembangan, dari monitor bentuk cembung menjadi monitor
dengan teknologi FST (flatter square tube), yaitu teknologi tabung
dengan bentuk lebih persegi dan datar.
Berdasarkan video adapternya, monitor CRT dibedakan menjadi 4 jenis
seperti berikut.
1.MDA (MONOCHOME DISPLAY ADAPTER)
Monitor dengan tampilan teks dan satu jenis warna, seperti merah,
hijau, atau biru.
Terdapat dua type.
i.Tipe TTL dengan resolusi 720 x 350 pixel
ii.Tipe CGA dengan resolusi 640 x 200 pixel
Setiap karakter mempunyai kerapatan 7 x9 titik untuk tipe TTL.
2.CGA (COLOR GRAPHICS ADAPTER)
Monitor berwarna yang pertama kali diproduksi oleh IBM tahun 1981.
Sudah mengenal teks dan grafik dan memiliki 16 warna.
Resolusi grafik 320 x 200 pixel.
Setiap karakter mempunyai kerapatan pixel 7 x9 titik.
3.EGA (ENHANCED GRAPHICS ADAPTER)
Monitor berwarna, diproduksi tahun 1981, bersamaan dengan keluarnya
IBM PC AT.
Memiliki 46 warna.
Resolusi grafik 640 x 340 pixel.
Setiap karakter mempunyai kerapatan pixel 7 x 9 titik.
4.VGA (MONITOR GRAPHICS ARRAY)
Monitor berwarna,diproduksi oleh IBM tahun 1986 bersamaan dengan IBM
PS/2.
Memiliki 256 warna.
Resolusi 720 x 400 pixel.
Setiap karakter mempunyai kerapatan 9 x 16 titik.


C.Teknologi Layar Datar
Teknologi layar CRT datar dikenal dengan teknologi FST (flatter square
tube), terdiri dari dua tipe yang bentuk keduanya 'serupa tapi tak
sama'.
Jenis lain teknologi layar CRT datar adalah kombinasi dari monitor
tradisional CRT cembung dengan teknologi shadow mask, yang
menghasilkan layar datar dengan gambar yang tajam. Ada fasilitas
tambahan untuk mendukung kinerja monitor CRT datar tersebut. Di
antaranya, fasilitas light frame untuk menciptakan sejumlah window
cerah pada tampilan monitor, software untuk penyelaras warna-warna
yang bisa dilihat di layar dengan hasil print out-nya, fasilitas
konektor D-SUB yang menghubungkan graphics card, dan konektor BNC
untuk menghasilkan kualitas gambar.


D.Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
Monitor LCD (Liquid Crystal Display) merupakan jenis layar datar TFT
(thin film transistor), sebagai evoplusi teknologi yang pertama kali
dalam tampilan alternatif. Sebenarnya , komposisi utama pembentuk LCD
adalah liquid crystal (LC) dan ditemukan pada tahun 1988 oleh ahli
tanaman dari Austria bernama Friedrich Reinetzer. Namun, istilah LC
baru diperkenalkan oleh ahli fisika Jerman bernama Otto Lehmann pada
akhir ke-19.
LC (liquid crystal) bersumber dari unsure zat padat dan cair dalam
satu massa. Pada umumnya, yang digunakan sekarang berasal dari bahan
polymer yang terdapat pada pasir pantai. Namun, setiap produsen LCD
memiliki kombinasi produk sendiri dengan segala kerahasiaan proses
pembuatannya. Jadi, ada perbedaan kualitas dan kinerja dalam satu
jenis LCD. Selain itu, pemakai LCD sebaiknya menggunakan konektor DVI
( digital video interface) daripada konektor VGA karena mempengaruhi
kualitas LCD.
CARA KERJA MONITOR LCD
Pada prinsipnya, LCD bekerja dengan menyamakan orientasi cahaya dan
itensitasnya engan bantuan tenaga listrik. Konsepnya, bekerja dengan
penggerakan dan polarisasi cahaya melalui gelombang chaya yang secara
alami memiliki sudut orientasi berbeda-beda. Lapisan polarisasi
pertama dibuat secara khusus untuk mengeliminasi sinar yang
berorientasi tidak parallel dengan lapisan polarisasi tersebut.
Lapisan polarisasi ke dua berfungsi sebagai saringan cahaya jika
terjadi abnormalisasi di dalam proses orientasi cahaya pada lapisan
polarisasi pertama ataupun pada lapisan pengarah. Walaupun LCD
memiliki kualitas transmissive, yaitu dapat meneruskan cahaya, tetepi
cahaya di sini hanya digunakan untuk mengaktifkan pixel secara
individual. Pixel itu sendiri membutuhkan cahaya murni agar memiliki
cahaya kontras sehingga dapat di lihat.
LC di dalam LCD bekerja seperti senjata dalam hal pengaturan intesitas
cahaya. Gradiasi warna dihasilkan melalui pengaturan cahaya saat
menyinari pixel yang berisi warna-warna. Oleh karena itu, diperlukan
pengatur elektronik untuk dapat mengatur pengaktifan pixel. Secara
fisik, layer LCD dihasilkan dari kombinasi penggerakan aktif pixel-
pixel ke dalam suatu tempat agar dapat menampilkan gambar.


E.Layar Sentuh (Touch Screen)
Layar sentuh (touch screen) digunakan tanpa menggunakan mouse ataupun
keyboard. Contohnya layer mesin ATM (anjungan tunai mandiri),
peralatan nirkabel pada ponsel dan PDA, serta kamera video digital
dalam yang di dalamnya terdapat pengaplikasian layer sentuh.
Dengan demikian, monitor berfungsi sebagai alat input. Layar monitor
akan mengaktifkan program jika bagian tertentu pada layar disentuh
dengan tangan.


1. SISTEM KERJA LAYAR SENTUH
Pada layer sentuh, yang bekerja adalah alat penunjuk atau pointing
device yang biasanya disebut stylus dari jari tangan. Pada prinsipnya,
yang bekerja adalah tiga komponen berikut.
a.Sensor sentuh
Sensor sentuh berada di atas layar sentuh (monitor), berupa kaca yang
diberi lapisan untuk dapat menerima efek sentuhan. Dengan adanya
sentuhan, akan menghasilkan tegangan listrik yang digunakan sebagai
sensor dalam memberi informasi pada koordinat sentuhan. Informasi yang
dihasilkan dari sensor tersebut diteruskan ke bagian controller.
b.Controller
Informasi dari sensor yang masuk ke bagian controller akan
diterjemahkan menjadi informasi yang dimengerti oleh computer.
Informasi tersebut kemudian diteruskan ke computer (PC). Biasanya,
peralatan controller dapat berupa eksternal atau internal yang
dihubungkan ke komputer, bias melalui port serial, COM,atau USB.
c.Driver
Setelah controller melanjutkan informasi dari sensor sentuhan ke
komputer maka driver pada komputer akan menerima informasi tersebut.
Selanjutnya, driver software (sebagai pengganti system kerja mouse)
memberitahu system operasi yang akan melakukan reaksi akurat terhadap
sentuhan yang diberikan.


2. JENIS-JENIS LAYAR SENTUH
Berdasarkan teknologi untuk mendeteksi adanya sentuhan, layer sentuh
dibagi menjadi beberapa jenis seperti berikut ini.
a)Teknologi resistive
Yaitu layar sentuh yang dilapisi dengan dua lapisan bahan metal.
Lapisan mental pertama untuk menghantarkan listrik dan lapisan kedua
tidak bias menghantarkan listrik. Di atas kedua lapisan tersebut
terdapat sebuah lapisan sebagai pelindung dan anti goresan.
Pada saat monitor hidup, arus listrik dialirkan di antara kedua
lapisan metall tersebut. Ketika disentuh maka kedua lapisan metal itu
saling bersentuhan dan menghasilkan perubahan medan listrik. Dari
perubahan medan listrik itu, secara otomatis merekam posisi kordinat
sentuhan yang ditentukan.
Kelemahannya adalah kualitas cahaya yang ditampilkan monitor kurang
baik dan tidak jelas. Ketajamannya hanya sekitar 75% karena adanya dua
lapisan metal tersebut.
b)Teknologi capasitive
Yaitu layer sentuh yang dilapisi dengan satu lapisan bahan metal. Pada
saat lapisan yang bermuatan listrik itu disentuh, sebagian muatan
listrik tersebut ditransfer ke jari penyentuh, yang mengakibatkan
muatan listrik pada lapisannya berkurang. Pengurangannya kemudian
diukur oleh elemen-elemen yang terletak di setiap sudut monitor.
Setiap elemen memberi penilaian yang berbeda, tergantung dari lokasi
sentuhan. Setelah pengukuran selesai, komputer menentukan lokasi
sentuhan berdasarkan perbedaan nilai yang diberikan oleh elemen
tersebut.
Kelemahannya adalah cahaya yang ditampilkan monitor sekitar 90%.
Kualitasnya lebh baik daripada layar sentuh dengan teknologi
resisitive.
c)Teknologi surface acouctic wave
Yaitu layar sentuh yang menggunakan transducer untuk menerima dan
mengirim sinyal listrik. Selain itu, terdapat peralatan reflector yang
digunakan untuk mengatur gelombang yang dikirim oleh transducer ke
transducer lainnya. Transducer yang menerima sinyal akan memberikan
informasi pada saat gelombang yang diterima terganggu oleh sentuhan.
Transducer juga memberikan lokasi sentuhan yang tepat. Ini merupakan
teknologi layer sentuh yang terbaik dalam pencahayaan gambar.



Pengantar Teknologi Informasi

Teknologi Informasi => sebuah istilah yang mencakup seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk membuat, menyimpan, tukar-menukar dan membuat informasi dalam berbagai bentuk dan tersusun rapi.

Komputer => sebuah alat elektronik yang beroperasi di bawah kontrol yang tersimpan pada memorinya sendiri.

Komponen - komponen Komputer :

* Input device
* Output device
* System Unit
* Storage
* Communication device
* Software
* GUI
* System software
* Software aplikasi

SEJARAH KOMPUTER

Sejarah Komputer


* Sejarah perkembangan komputer
* Jenis komputer dan kemampuannya
* Kegunaan komputer dalam pelbagai bidang
* Perwakilan data: konsep bit dan bait






1. ALAT MENGIRA PALING AWAL:


* Abacus
* Mesin aritmatik Pascal
* Mesin analitikal Babbage
* (Lady Lovelace- penulis aturcara pertama)
* Mesin �tabulating� kad tebuk Hollerith






ABACUS (SEMPOA)


* 600 B.C
* Digunakan oleh orang Cina
* Lebih bersifat sebagai penanda semasa mengira


















MESIN ARITMATIK PASCAL


* 1642
* Pencipta Blaise Pasca
* Kira tambah, tolak, darab, bahagi











MESIN ANALITIKAL BABBAGE


* Dibina selepas ENJIN �DIFFERENCE�
* Pengorganisasian sama dengan komputer kini : idealization,pencetak, kad tebuk,
* Ciri pada komputer elektronik
* Tak siap dibina








MESIN TABULATING KAD


* Digunakan dalam bancian �Perlembagaan Amerika'











2. ZAMAN KOMPUTER MODEN


* Harvard Mark I (Aiken)
* ABC (Atanasoff)
* ENIAC (Mauchly& Eckert)
* Konsep Program Tersimpan (Von Newmann)
* EDSAC (Wilkes)
* UNIVAC: Komputer Komersil Pertama
* IBM



MARK I


* 1944, bermula zaman komputer moden
* Berasaskan Mesin Analitikal Babbage
* Komputer digital serbaguna / elektromekanikal pertama-sangat besar (51x8x3)











ATANASOFF - BERRY COMPUTER


* 1939
* John Atanasoff dengan Clifford Berry bina satu prototaip.
* Mereka yang mula-mula mencipta komputer dengan menggunakan elektrik, tiub hampagas (vacuum
tubes), nombor binary dan kapasitors.
* Komputer digital elektronik pertama yang sebenar
* Atanasoff �bapa komputer elektronik�




















ENIAC


* 1946
* Elektronik Numerical Integrator and Computer (ENIAC)
* Projek biayaan US army digunakan (ABC- lab demo sahaja)








KONSEP PROGRAM TERSIMPAN
(Von Newmann)


* 1952
* Versi ENIAC
* Tidak guna kad tebuk, tapi simpan data dan program dalam komputer






PERKEMBANGAN DALAM TAHUN 1950an










Transistor



















Chip - Integrated Circuits




Transistor - bukan komputer tetapi rekaannya telah merubah sejarah perkomputeran. Bersamanya tercipta
integrated circuits.

"The transistor is an influential invention that changed the course of history for computers. The first generation of computers used vacuum tubes; the second generation of computers used transistors; the third generation of computers used integrated circuits; and the fourth generation of computers used microprocessors." "Computer History Timeline"





UNIVAC II


* Komputer komersil pertama
* 1955






* "UNIVAC" (Universal Automatic Computer)
* UNIVAC direka oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly (pereka ENIAC).
* Digunakan oleh Biro Perbancian USA
* Pembeli pertama komputer komersial Syarikat Prudential Insurance















IBM


* Model 701 tahun 1953
* Model 605 tahun 1954 ; popular untuk perdagangan
* Terkemuka dalam bidang komputer hingga kini






GENERASI KOMPUTER


Generasi Pertama : 1951-1959


* tuib hampagas, input dan output, kad tebuk, bahasa mesin



Generasi Kedua : 1959-1964


* transistor(column magnetic)
* FORTRAN, COBOL, BASIC



Generasi Ketiga : 1964-1970


* papan kekunci, litar bersepadu, monitor, bahasa tinggi - PASCAL



Generasi Keempat : 1970- 1990


* LSI (Large Scale Intergration)
* cip yang ada beribu-ribu transistor
* cakera magnetic sebagai storan, penggunaan mikrokomputer, perisian aplikasi



Generasi Kelima : 1990-?


* Kecerdasan buatan sebenar (True Artificial Intelligence)
* mini komputer 10 - 100 terminal
* kerangkaan utama (main frame)





















SEJARAH KOMPUTER


Tahukah anda bahawa komputer yang anda gunakan pada hari ini telah berkembang teknologinya sejak 6 dekad yang lepas, bahkan pada ianya dicipta, anda mungkin belum dilahirkan lagi. Sejarah perkembangan komputer telah lama bermula iailu sejak tahun 1940 dan dapat dibahagikan kepada 4 generasi dari menggunakan elektronik sepenuhnya sehinggalah kepada penggunaan mikro computer.


Mari kita lihat perkembangan generasi komputer yang telah dihuraikan oleh pengkaji-pengkaji bidang ini.





1) GENERASI PERTAMA (1940-1959)


Komputer dihasilkan adalah elektronik sepenuhnya. Saiznya agak besar (hampir menyamai sebuah bilik tidur) dan dikategorikan kepada Kerangka Utama (Mainframe), la menggunakan tiub vakum untuk memproses dan menyimpan maklumat. Tiub vakum berukuran seperti mentol lampu kecil yang cepat panas dan mudah terbakar. Jumlah tiub vakum yang diperlukan amat banyak agar tidak menjejaskan keupayaan komputer. la juga menggunakan tenaga elektrik dengan banyak.


Pada tahun 1946, menyaksikan komputer elektronik sepenuhnya direka oleh Dr. John Mauchly dan Prosper Eckert telah mencipta ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator). ENIAC mengambil ruang sebanyak 140 meter persegi, berat 30 ton, menggunakan 130 kilowatt tenaga dan 1800 tiub vakum. Ingatannya disimpan diluar dengan menggunakan suiz dan wayar. la berupaya melakukan 5000 pencampuran dan 300 pendaraban sesaat. la dikendalikan oleh hanya jurutera terlatih. John Von Neumann akhirnya mencadangkan penggunaan Konsep Aturcara Tersimpan iaitu komputer menyimpan ingatan di dalam storan utama. la menggunakan nombor binari.


Dr. John Mauchly dan Prosper Eckert sekali lagi mencipta EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yang mengurangkan penggunaan tiub vakum. la lebih cekap dari ENIAC dan menggunakan Konsep Aturcara Tersimpan. EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator) yang menggunakan raksa dan tiub vakum untuk menyimpan ingatan telah dicipta. UNIVAC1 (Universal Automatik Calculator) ciptaan Dr. John Mauchly dan Prosper Eckert mula dikeluarkan pada tahun 1951 adalah komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perniagaan. la juga menggunakan raksa untuk storan.











2) GENERASI KEDUA (1959-1964)


Transistor dan diod digunakan bagi menggantikan tiub vakum walaupun ia mudah terbakar. Cara baru untuk menyimpan ingatan iaitu Teras Magnetik diperkenalkan. la menggunakan besi-besi halus yang dililit oleh litar elektrik. Keupayaannya memproses lebih besar. la mula menggunakan bahasa pengaturcaraan peringkat tinggi iaitu FOTRAN(1954) dan COBOL(1959) bagi menggantikan bahasa mesin. Minikomputer dihasilkan. la lebih murah dan lebih kecil berbanding dengan Kerangka Utama. la digunakan bagi tujuan memproses data perniagaan, universiti selain di bidang ketenteraan. (Contoh : DEC PDP-8, IBM 7090 dan IBM 7094)





3) GENERASI KETIGA (1964-1980)


la bermula apabila IBM (Internatinal Business Machine) memperkenalkan Sistem/360 iaitu Kerangka Utama yang mengandungi alatan-alatan yang lengkap bagi memenuhi semua keperluan pengaturcaraan pada masa tersebut.Sistem/360 memperkenalkan ciri baru Sistem Pengoperasian iaitu Konsep Perkongsian Masa. Sistem ini adalah satu kumpulan aturcara yang mengurus dan menyelaras keseluruhan operasi komputer, la memudahkan penggunaan komputer. Disimpan secara kekal dalam Ingatan Utama (ROM) komputer atau storan sekunder.


Konsep ini membenarkan penggunaan banyak stesen secara berasaingan dan dikawal oleh Sistem Induk dimana pemprosesan boleh dilakukan serentak pada sesuatu masa walaupun stesen yang lain digunakan. Supercomputer seperti Cray-1 diperkenalkan bagi mengkaji cuaca dan alam semulajadi.





4) GENERASI KEEMPAT (1980-sekarang)


Penyelidikan microelektronik telah berjaya menghasilkan Litar Bersepadu/Terkamir atau Cip dimana beribu transistor dipadatkan didalam kepingan empat segi silikon melalui proses Pengamiran Skala Besar (Large Scale Integration). Cip mula menggantikan transistor sebagai bahan logik komputer. MicroKomputer merupakan yang terkecil didalam keluarga komputer digital mula dinasilkan seperti Apple II, IBM PC, NEC PC dan Sinclair.


Bahasa pengaturcaraan BASIC, Pascal, PL/1 C dan Logo mula digunakan. Kebanyakan komputer dibekalkan dengan bahasa secara "bina-dalam" di dalam ROM untuk bahasa BASIC. Bahasa ini merupakan bahasa yang paling popular untuk microkompuler. Perisian tambahan juga diperkenalkan bagi membantu penyelesaian masalah. Laptop, Notebook, Handheld dan Palmtop diperkenalkan. la lebih kecil dari Microkomputer serta mudah dibawa ke mana-mana. Internet iaitu Sistem Rangkaian yang luas menggunakan protokol TCP/IP diperkenalkan sebagai rangkaian perkongsian maklumat secara global. (Processor 6086,80286, 80386,80486, Pentium, Celeron, Pentium II, Pentium 111 dan Pentium 4)





Kesimpulan:


Setelah meninjau keempat-empat generasi komputer, mungkin terbayang difikiran kita tentang bagaimana bentuk komputer pada masa depan. Komputer masa depan mungkin akan berada pada generasi atau tahap kelima yang menggunakan teknologi masa depan. Dapatkah anda bayangkan bagaimana keupayaannya?

Tidak ada komentar: