Minggu, Juni 01, 2008

Menyatukan Kemampuan Monitor

DI ANTARA semua sektor perangkat dalam teknologi komunikasi informasi yang sekarang berkembang, monitor yang menjadi tampilan penting dalam semua perangkat teknologi menjadi sektor yang tumbuh sangat pesat, menjadi kontroversial dalam harga, dan mampu menempatkan diri tidak hanya sebagai sebuah perangkat, tetapi juga ikut memainkan emosi kita. Monitor LCD dengan berbagai ragam desain dan kemampuan ini sekarang tidak lagi hanya dianggap sebagai perangkat penting sebuah komputer, tetapi juga menjadi bagian penting dalam perkembangan konsumen elektronik karena fungsinya pun ikut berubah bersamaan dengan kemajuan teknologi, menuju sebuah konvergensi digital yang baru.

PENJUALAN monitor liquid crystal display (LCD) sendiri selama tiga tahun terakhir meningkat secara pesat dua kali bahkan tiga kali lipat. Sekarang, dalam skala dunia, lebih dari 85 persen monitor yang dijual adalah LCD dan perangkat monitor layar tipis ini akan menjadi perangkat masa depan yang akan merebut konsumen.

Teknologi LCD sendiri memiliki akar sejarah yang panjang ketika Friedrich Reinitzer asal Jerman melelehkan cholesteryl benzoate. Percobaan ini menghasilkan gumpalan cairan seperti awan yang kemudian berubah menjadi substansi yang sama sekali baru berwarna biru ketika didinginkan.

Prinsip yang dikembangkan Reinitzer ini dikembangkan dalam teknologi LCD modern yang sekarang dikenal. Pada era digitalisasi ini, teknologi LCD didorong sedemikian rupa tidak hanya menjadi monitor untuk sebuah komputer, tetapi juga sekaligus menjadi layar teve yang menghasilkan kualitas gambar lebih indah dan cemerlang dibandingkan dengan teve konvensional.

Susahnya, karena pilihan monitor LCD sekarang ini menjadi sangat beragam dengan berbagai merek terkenal dan tidak, pilihannya pun jadi tidak terbatas. Satu-satunya batasannya mungkin kemampuan keuangan setiap orang saja karena di pasaran sekarang sudah tersedia, misalnya, monitor LCD seharga 200 dollar AS (sekitar Rp 1,8 juta) berukuran 17 inci.

Berbagai merek LCD sekarang ini menawarkan berbagai macam teknologi LCD yang dijagokan, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang penting. Dengan demikian, yang terpenting ketika ingin membeli sebuah monitor LCD adalah melihat kegunaannya, apakah akan lebih banyak untuk bekerja, bermain (memainkan permainan digital), atau untuk hiburan seperti menonton teve atau film DVD.

Tayangan multimedia

Di antara sekian banyak monitor LCD dengan berbagai fungsi yang terkonvergensi, salah satu yang menarik perhatian Kompas adalah SyncMaster 730 MP buatan Samsung yang juga sekaligus berfungsi sebagai LCD teve.

Monitor Samsung 730MP ini benar-benar sebuah perangkat yang terkonvergensi secara utuh dan memberikan sebuah arti penting dalam mengejawantahkan aplikasi digital yang utuh. Pengguna 730MP bisa menggunakan monitor LCD ini untuk menonton teve, mendengarkan radio gelombang FM, menampilkan tayangan multimedia hasil kamera digital untuk menjadikannya sebagai bingkai digital tanpa harus menghidupkan komputer.

Salah satu fitur yang langsung terdapat pada monitor LCD 730MP ini adalah apa yang disebut sebagai WiseLink. Dengan benda ini pengguna bisa langsung mengakses ke berbagai data multimedia dalam berbagai format seperti MP3, AVI, MOV, dan JPG kapan saja. Penggabungan WiseLink ini terkait dengan tersedianya bermacam rongga multimedia yang terdapat di samping kiri monitor 730MP (foto paling kiri).

Tampaknya Samsung memikirkan pentingnya multimedia ini karena rongga yang disediakan ini memiliki macam-macam ukuran yang lazim digunakan dalam kamera digital, seperti Memory Stick buatan Sony, Compact Flash Card, SD Card, maupun MMC, yang juga bisa digunakan untuk pertukaran data digital.

Perangkat 730MP ini juga dilengkapi fungsi Picture in Picture, memungkinkan penggunanya melakukan aktivitas ganda pada posisi teve maupun monitor komputer secara bersamaan.

Seluruh kemampuan

Kemajuan teknologi LCD memang menjadi semakin kompleks, tidak hanya teknologinya yang bergerak dari LCD pasif menuju ke teknologi TFT (Thin Film Transistor) untuk menghasilkan 16,7 juta warna dalam sebuah layar tipis.

Konvergensi digital memang menjadi ciri penting dalam perkembangan layar monitor berbasis teknologi LCD ini. Yang juga menjadi menarik dan perlu dicermati adalah harga jual yang sangat bersaing dan turun secara tajam.

SyncMaster 730MP ukuran 17 inci ini menjadi bagian awal dari perkembangan monitor LCD menggabungkan seluruh kemampuan multimedia ke dalam suatu perangkat. Nantinya, monitor di kantor, rumah, warnet, dan tempat lainnya akan tergantikan dengan monitor LCD yang lebih canggih, desain cantik, kemampuan yang tidak terbatas, dan memiliki fungsi multimedia yang utuh. (rlp)

Tidak ada komentar: